Berita

Hebat, Medali Olimpiade Tokyo 2020 Terbuat dari Ponsel dan Laptop Bekas

Minggu, 01 Agustus 2021 - 22:42
Hebat, Medali Olimpiade Tokyo 2020 Terbuat dari Ponsel dan Laptop Bekas Windy Cantika Aisah, atlet angkat besi peraih medali pertama untuk Indonesia. (FOTO: Instagram/OlimpiadeTokyo2020.id)

TIMES PARE PARE, JAKARTA – Siapa sangka ternyata medali Olimpiade Tokyo 2020 terbuat dari telepon seluler dan laptop bekas. Semangat daur ulang untuk lingkungan yang lebih baik menjadi motivasinya.

"Kampanye tersebut meminta masyarakat untuk menyumbangkan perangkat elektronik usang untuk proyek tersebut," kata Juru Bicara Olimpiade Tokyo 2020, Hitomi Kamizawa, dikutip dari DW.com.

Medali Olimpiade Tokyo 2020 2Penampakan detail medali emas, perak, dan perunggu Olimpiade Tokyo 2020 yang terbuat dari bahan daur ulang. (FOTO: Instagram/OlimpiadeTokyo2020.id)

Menurutnya masyarakat Jepang sangat antusias saat diajak mengumpulkan sampah elektronik untuk pembuatan medali ini. "Kami berterima kasih atas kerja sama semua pihak," ucap Kamizawa.

Namun ternyata upaya pengumpulan tidak semudah yang dibayangkan. Membutuhkan kampanye secara nasional di Jepang selama dua tahun untuk menghasilkan 5.000 medali emas, perak, dan perunggu.

Hampir 100 persen wilayah negeri Sakura berkontribusi menyumbangkan sampah elektroniknya, mulai dari kota metropolitan, kota kecil, hingga perdesaan. Pihak swasta seperti industri, sekolah, hingga komunitas juga dilibatkan.

Dari keseluruhan sampah yang terkumpul, sebanyak 80 ton berasal dari perangkat elektronik kecil seperti ponsel dan laptop.

Renet Japan Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan limbah ditunjuk sebagai salah satu pelaksana proyek ini.

"Kami mengembangkan gerakan pengelolaan limbah untuk proyek medali dengan kerja sama dari banyak pemangku kepentingan, dari Pemerintah Jepang hingga masyarakat lokal," ucap Direktur Renet Japan Group, Toshio Kamakura.

Medali Olimpiade Tokyo 2020 3Medali Olimpiade Tokyo 2020 pertama diraih oleh Yanv Qian atlet menembak senapan angin 10 meter putri dari Cina (FOTO: Instagram/OlimpiadeTokyo2020.id)

Namun, pengumpulan perangkat elektronik bekas ini baru langkah pertama. Masih memerlukan upaya pembongkaran, pemilihan, ekstraksi, pemurnian, hingga akhirnya bahan daur ulang ini dicetak ke dalam desain.

Seniman Junichi Kawnishi yang bertugas mendesain membuat medali dengan diameter 85mm dan ketebalan sekitar 7,7 mm hingga 12,1 mm.

Sejatinya, konsep penggunaan bahan daur ulang untuk medali bukanlah hal baru. Sebelum Olimpiade Tokyo 2020, ada Olimpiade Rio 2016 yang 30 persen bahan medalinya terbuat dari cermin dan suku cadang mobil. Semangat ini ditularkan Olimpiade Paris 2024 yang mengangkat tema utama perbaikan lingkungan. (*)

Pewarta : Ammar Ramzi (MG-235)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pare Pare just now

Welcome to TIMES Pare Pare

TIMES Pare Pare is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.